2.000 Personel Polisi Amankan Sidang Kelima Ahok, yang Dibagi Menjadi 4 Ring
Peristiwa

2.000 Personel Polisi Amankan Sidang Kelima Ahok, yang Dibagi Menjadi 4 Ring

Sidang ke lima kasus Basuki Tjahaja Purnama atau lebih dikenal Ahok yang diduga melakukan penistaan agama digelar hari ini (10/1) di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Untuk menjaga jalannya persidangan Kepolisian mensiagakan lebih dari 2000 personel polisi.

Seperti dilansir Menderka.com (10/1), Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Iwan Kurniawan mengatakan, personel yang bertugas akan dibagi menjadi empat ring pengamanan. Keempat ring tersebut di antaranya ruangan sidang, pelataran gedung Kementan, luar gedung Kementan, dan sekitaran gedung Kementan.

“Jumlah personel yang kami kerahkan di sidang yang kelima ini, masih sama jumlahnya seperti sidang sebelumnya, sekitar 2.000 lebih yang insert di lapangan,” kata Iwan di Kantor Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (10/1).

Iwan menambahkan, pengamanan ini juga berupaya membuat kondisi lokasi sidang tetap kondusif. Mengingat ada massa pro dan kontra Basuki atau Ahok yang selalu mengawal rasa jalannya sidang. “Pengerahan anggota pun untuk mengantisipasi terjadinya hal tak diinginkan, seperti bentrok (antarmassa pendemo) di sidang nanti,” tutupnya.

Sidang kelima ini beragendakan mendegarkan keterangan saksi – saksi. Ada 5 saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang akan memberikan keterangan pada siding hari ini. JPU mendakwa Ahok dengan Pasal 156 a KUHP tentang penistaan agama dengan ancaman penjara paling lama lima tahun.

Editor : Nopa Gunawan

Komentar Anda
Advertisement

Post Comment

Scroll Up