5 Teknologi Smartphone Baru di 2017, Yang Harus Kamu Tau
Teknologi Uncategorized

5 Teknologi Smartphone Baru di 2017, Yang Harus Kamu Tau

Teknologi dalam smartphone dan gadget pada tahun 2017 nampaknya akan semakin berkembang dan berinovasi dibandingkan pada tahun 2016. Perusahaan-perusahaan ternama pembuat smartphone dan gadget telah membeberkan beberapa teknologi terkini dalam memanjakan para pengguna smartphone dan gadget di tahun 2017.

Beberapa teknologi smartphone yang mungkin hadir atau menjadi populer di tahun 2017 ini:

  1. Layar 4K

Kalau tahun ini disibukkan dengan layar Full HD, tahun depan tampaknya layar 4K, akan menjadi standart baru di dunia smarthpone. Sebenarnya sudah banyak layar 4K yang hadir tahun ini, tetapi sebagian besar hadir pada smartphone-smartphone flagship yang harganya bikin dompet mau nangis. Diharapkan tahun depan Layar 4K akan hadir untuk kelas menengah.

  1. Edge to Edge Display

Tentu kita tahu Galaxy S6 keatas, sudah menghadirkan versi layar dengan ujung membulat ini. Layar ini seolah tanpa tepi, kalau ada beberapa perangkat yang hadir tanpa bezel seperti Xiaomi Mi Mix, edge to edge display menghadirkan sensasi layar hingga ke samping.

  1. Bluetooth 5.0

Sebenarnya untuk urusan teknologi satu ini, tidak terlalu menarik bagi sebagian orang. Kehadiran teknologi bluetooh pada awalnya digunakan untuk saling bertukar data dengan sesama, menggantikan fungsi koneksi infra merah, yang dinilai lamban, dan ribet karena dua perangkat harus disejajarkan untuk saling bertukar informasi. Untuk bertukar data sendiri, sebenarnya ada banyak teknologi baru seperti NFC maupun Wifi, yang lebih mudah dan cepat. Tetapi teknologi bluetooth terus berkembang, dan sekarang mencapai versi 5.0, yang mungkin akan menjadi standart baru tahun depan. Kebanyakan teknlogi bluetooth sekarang digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat lain, seperti smartwatch, ataupun bluetooth headset; tampaknya teknologi bluetooth lebih murah dan simpel dalam aplikasinya.

  1. Prosesor 10nm 

Teknologi ini sepertinya akan membawa nama besar Qualcomm. Snapdragon 835 akan hadir dengan teknologi 10nm, selanjutnya ada juga Samsung yang memperkenalkan teknologi 8895. Qualcomm sendiri masih bekerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan prosesor 10nm, dengan teknologi FinFet. Hampir bisa dipastikan prosesor 835 ini akan dicangkokkan ke dalam mesin smartphone flagship tahun depan.

5.Dual Camera Setup

Sebenarnya teknologi ini juga sudah digunakan pada tahun ini, pada smartphone-smartphone “mahal” seperti Huawei P9,LG G5 dan Iphone 7 Plus. Tidak hanya itu, dari kelas menengah lagi-lagi Xiaomi menyalip dengan menghadirkan teknologi ini pada Redmi Pro. Kemungkinan besar teknologi ini akan hadir menjadi standart fotografi ponsel tahun depan, mengingat sepertinya pengguna sudah bosan dengan “resolusi besar”, dan bergeser ke kualitas lensa kamera.

 

Editor : I Gede Astika Guna Sanjaya

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up