Ada 14 Nama Atlet Terindikasi Doping yang dirilis PB PON
Sport dan Kesehatan

Ada 14 Nama Atlet Terindikasi Doping yang dirilis PB PON

Olahraga tanah air terciderai karena kasus doping saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 kemarin. Ada 14 nama atlet yang dinyatakan postif terindikasi doping yang dirilis oleh Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Jawa Barat. Sebanyak 12 diantaranya adalah peraih medali di PON dan dua lainnya di Peparnas (Pekan Paralimpik Nasional) 2016. 12 atlet PON itu, tujuh atlet berasal dari cabang binaraga, dua dari menembak, satu dari berkuda dan satu lainnya dari angkat berat. Sedangkan dua atlet Peparnas adalah atlet tenis meja dan atletik.

Dikutip dari CNN Indonesia (9 Januari 2017), Sekretaris Umum PB PON Ahmad Hadadi mengatakan, setelah diumumkan secara resmi 14 atlet yang positif terindikasi doping, PB PON akan memberikan waktu dua pekan kepada para atlet untuk melakukan tindakan lanjutan.

“Kami kasih waktu dua pekan untuk menunggu komplain. Kalau ada komplain akan dibawa ke ranah hukum, pengadilan untuk banding. Kalau tidak ada komplain, kami akan langsung eksekusi dengan mencabut atribut juara mereka,” kata Hadadi kepada CNNIndonesia.com.

Hadadi menjelaskan, pihaknya juga terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Kemenpora, LADI (Lembaga Anti Doping Indonesia) serta WADA (Lembaga Anti Doping Dunia).

Juru Bicara Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan, sampai saat ini dirinya sebagai orang yang mendapat disposisi langsung dari Menpora Imam Nahrawi, masih memilah nama-nama yang akan menjadi bagian dari Dewan Disiplin.

Gatot menyebut Dewan Disiplin itu akan diisi perwakilan dari PB (Panitia Besar) PON, LADI, Kemenpora, KONI, pakar kesehatan juga pakar olahraga.

Daftar 14 Atlet PON dan Peparnas Positif Doping (CNN Indonesia)
1. Roni Romero, Jawa Barat (Binaraga/Emas)
2. I Ketur Gede Arnawa, Bengkulu (Binaraga/Perak)
3. Rahman Widodo, Yogyakarya (Binaraga/Perak)
4. Kurniawansyah, Bangka Belitung, (Binaraga/Perak)
5. Zainal, Jawa Barat (Binaraga/Perak)
6. Mualipi, Jawa Tengah (Binaraga/Emas)
7. Mheni, Jawa Barat (Binaraga/Perak)
8. Iman Setiaman, Jawa Barat (Binaraga/Emas)
9. Agus Waluyo, Jawa Barat (Menembak/Emas dan 2 Perunggu)
10. Safrin Sihombing, Riau (Menembak/2 Emas, 2 Perunggu, 2 Perak)
11. Jendri Turangan, Jawa Tengah (Berkuda/Emas dan Perak)
12. Awang Latiful Habir, Kalimantan Timur (Angkat Berat/Emas)
13. Adyos Astan, Maluku (Tenis Meja/2 Emas, 1 Perunggu)
14. Cucu Kurniawan, Jawa Barat (Lempar Lembing/Emas)

Editor : Nopa Gunawan

Komentar Anda
Advertisement

Post Comment

Scroll Up