Aksi Protes Warnai Pelantikan Donald Trump, Di New York juga di Berbagai Negara
Peristiwa Politik

Aksi Protes Warnai Pelantikan Donald Trump, Di New York juga di Berbagai Negara

Donald Trump dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) pada hari ini Jumat (20/1) waktu setempat. Pelantikan Donald Trump diwarnai aksi protes dan aksi demonstasi diberbagai tempat, tidak kecuali di lokasi inagurasi.

Mengutip dari Reuters (20/1/2017), demonstran memblokir salah satu pintu masuk ke lokasi pelantikan berlangsung. Tidak disebutkan lokasi pasti pintu masuk yang diblokir demonstran.

Sebelumnya diberitakan Detik.com, aksi protes juga diikuti aktor-aktor Hollywood seperti Robert de Niro dan Alec Baldwin, sutradara peraih Oscar, Michael Moore dan penyanyi terkenal Cher. Bersama warga New York lainnya, mereka berdemo di dekat gedung Trump International Hotel yang berada di kawasan Central Park South.

Selain di New York, demonstran juga melakukan aksi protes di Tokyo, Jepang dan Manila, Filipina. Mereka membawa spanduk dan lilin mengungkapkan kecaman mereka terhadap pelantikan Trump.

Diperkirakan 800 ribu orang akan berkumpul di National Mall, Washington DC, untuk menyaksikan langsung pelantikan Trump dan Mike Pence sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS. Trump akan diambil sumpah jabatannya di Gedung Capitol dan dibimbing oleh Ketua Mahkamah Agung AS, John Roberts.

Editor : Nopa Gunawan

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up