BUMN Dipimpin Asing? Luhut : Jangan Khawatir, ini Tantangan Kita!
Ekonomi dan Bisnis

BUMN Dipimpin Asing? Luhut : Jangan Khawatir, ini Tantangan Kita!

Akhir – akhir ini banyak tersebar kabar mengenai Perusahaan BUMN yang di Pimpin Asing. Banyak pihak mengatakan CEO asing tidak layak Pimpin badan usaha milik Negara (BUMN), dan hal ini bertentangan dengan semangat UUD 1945.

Hal ini dipicu karena sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan ingin ada pekerja asing menjadi pimpinan di perusahaan negara. Menurut Jokowi, para pimpinan BUMN harus memiliki semangat kompetisi yang kuat dan sehat agar BUMN dapat terus maju dan berkembang secara optimal.

“Saya bahkan ingin ada tiga atau empat bule profesional yang memimpin perusahaan BUMN agar orang-orang kita belajar serta termotivasi dan berkompetisi dengan adanya orang-orang asing itu,” katanya seperti dikutip dari Antara di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/1) (dikutip dari Merdeka.com).

Presiden menyatakan Indonesia perlu belajar dari kemajuan perusahaan milik negara di Uni Emirat Arab (UEA). Perusahaan BUMN di negara itu pada awalnya dipimpin oleh orang-orang Eropa, karena fakta menunjukkan orang-orang kulit putih sudah lama memahami dan menguasai dunia bisnis secara modern.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan pun turut berkomentar. Menurutnya, sudah banyak orang asing yang memimpin perusahaan di Indonesia.

“Jadi jangan khawatir. CEO BUMN orang bule, pelatih PSSI juga bule enggak ribut. Ini challenge. Mikirnya jangan cepat-cepat marah,” ujar Menteri Luhut di kantornya, Jakarta, Senin (9/1).

“Dubai, Bahrain mereka pakai bule, Emirates CEO-nya dari Inggris, Kita? Bagaimana, ya kalau terpaksa, kita pertimbangkan,” katanya, seperti dilansir Merdeka.com (9/1).

Editor : Nopa Gunawan

Komentar Anda
Advertisement

Post Comment

Scroll Up