Cara Mengetahui dan Melaporkan Hoax di Internet
Teknologi

Cara Mengetahui dan Melaporkan Hoax di Internet

Pemberitaan palsu atau yang sering kita kenal dengan istilah Hoax sangat sering kita jumpai saat ini khususnya bagi pengguna media social. Hoax sudah sangat meresahkan saat ini dan sangat bersifat provokatif yang menyebabkan perpecahan.

Hoax adalah suatu kata yang digunakan untuk menunjukan pemberitaan palsu atau usaha untuk menipu atau mengakali pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu.

Bagi pengguna media social yang sangat aktif harus berhati – hati dalam menyikapi hoax, sebab jika tidak berhati – hati bisa saja akan ikut tertipu oleh hoax bahkan ikut menyebarkan berita tersebut ke media social yang akan membawa dampak negatif bagi golongan atau orang yang dirugikan.

Menurut Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax Septiaji Eko Nugroho, ada lima cara agar dapat mengidentifikasi berita hoax dan berita bukan hoax seperti dikutip dari tekno.kompas.com , yaitu :

  1. Hati – hati dengan judul provokatif
  2. Cermati alamat situs
  3. Periksa Fakta
  4. Cek Keaslian foto
  5. Ikut serta dalam group diskusi anti Hoax

Apabila menjumpai informasi hoax, pengguna internet bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.

Pada Facebook, gunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax sebagai hatespeech/harrasment/rude/threatening, atau kategori lain yang sesuai. Jika ada banyak aduan dari netizen, biasanya Facebook akan menghapus status tersebut.

Untuk Google, bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila mengandung informasi palsu. Twitter memiliki fitur Report Tweet untuk melaporkan twit yang negatif, demikian juga dengan Instagram.

 

Dikutip dari : http://tekno.kompas.com/ (9 Januari 2017)

Editor : Nopa

Komentar Anda
Advertisement

One Comment

Post Comment

Scroll Up