Dipredisi Harga Sektor Energi dan Logam Kian Melompat Tinggi
Ekonomi dan Bisnis

Dipredisi Harga Sektor Energi dan Logam Kian Melompat Tinggi

World Bank memperkirakan peningkatan yang signifikan tehadap harga komoditas industri, seperti energi dan logam, pada 2017 akibat pengetatan pasokan serta pertumbuhan permintaan. Dalam laporan bertajuk Commodity Markets Outlook Januari 2017, World Bank mempertahankan prediksi rerata harga minyak mentah pada tahun ini melompat 29% year on year/yoy menjadi US$55 per barel dari 2016 senilai US$43 per barel.

Proyeksi tersebut mengasumsikan adanya realisasi pembatasan produksi minyak dari Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan negara produsen minyak lainnya. Kesepakatan pemangkasan suplai perlu dilakukan karena sudah lama tingkat produksi tidak terkendali.

Sebelumnya pada rapat 30 November 2016, anggota OPEC sepakat untuk memangkas produksi sebesar 1,2 juta barel per hari (bph) menjadi 32,5 juta bph mulai awal 2017. Selanjutnya pada 10 Desember, sejumlah negara produsen minyak mentah lainnya setuju menurunkan suplai baru sejumlah 558.000 bph. Artinya mulai tahun ini pasar minyak mentah akan mengalami selisih pasokan minyak baru hampir 1,8 juta bph.

Sumber : Bisnis.tempo.co

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up