Gempa Bumi 5,5 SR Guncang Kota Padang Sumatera Barat, Tidak Berpotensi Tsunami
Peristiwa

Gempa Bumi 5,5 SR Guncang Kota Padang Sumatera Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi dengan kekuatan 5,5 SR guncang Kota Padang, Sumatera Barat pada hari Senin (9/1) pukul 18.28 WIB. Gempa tersebut dirasakan hampir di seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat dengan skala III-IV MMI. Misalnya di Padang Panjang, Kota Padang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Pariaman, Kabupaten Mentawai, Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Dharmasraya.

Dilansir Tempo.co (10/1), Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi, mengatakan gempa ini terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Austalia terhadap lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme fokal, gempa ini memiliki mekaisme sesar naik.

Menurutnya, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa yang berpusat di 64 kilometer barat daya laut Pesisir Selatan itu merupakan jenis gempa bumi menengah. Sehingga guncangannya dirasakan luas.

“Dengan kedalaman hiposenter di kedalaman menengah ini, dan kekuatan gempa yang relatif kecil, hasil modelling tsunami menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Salah seorang warga Sungai Penuh Kerinci, Yeni mengaku merasakan getaran gempa yang berpusat di Sumatera Barat. “Getarannya di rasakan hingga ke sini,” ujarnya

“Belum ada laporan dampak gempa, baik korban jiwa dan kerusakan bangunan. BPBD masih melakukan pendataan. Kondisi masyarakat saat ini normal kembali,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada CCN Indonesia.

Editor : Nopa Gunawan

Komentar Anda
Advertisement

Post Comment

Scroll Up