Peristiwa

HARI INI, UMAT HINDU DI INDONESIA RAYAKAN HARI RAYA PAGERWESI

Selain Hari Raya Nyepi, masyarakat Hindu di Indonesia juga melaksanakan berbagai Hari Raya lainnya, salah satunya yaitu Hari Raya Pagerwesi yang jatuh setiap 210 hari sekali atau setiap 6 bulan dalam kalender Hindu pada Budha Kliwon Wuku Sinta dan tepat hari ini, Rabu 25 Januari 2017 umat Hindu di Indonesia merayakan Hari Raya Pagerwesi. Umat Hindu bersama-sama melakukan persembahyangan di rumah masing-masing dan di Pura sejak pagi tadi.

Bahkan di Provinsi Bali, Hari ini dan Hari Raya Saraswari yang jatuh pada 21 Januari 2017 ditetapkan sebagai hari libur khusunya di Bali. Hal ini berdasarkan surat edaran Gubernur Bali perihal Hari Libur Nasional, cuti bersama dan Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2017. Hari libur ini dimaksudkan agar umat Hindu di Bali dapat melaksanakan Hari Raya Suci keagamaan sesuai dengan swadarmanya.

Sebagaimana telah disebutkan dalam lontar Sundarigama, Pagerwesi yang jatuh pada Budha Kliwon Shinta merupakan hari Payogan Sang Hyang Pramesti Guru diiringi oleh Dewata Nawa Sangga. Hal ini mengundang makna bahwa Hyang Premesti Guru adalah Tuhan dalam manifestasinya sebagai guru sejati. Makna yang lebih dalam terkandung pada kemahakuasaan Sanghyang Widhi sebagai pencipta, pemelihara, dan pemusnah, atau dikenal dengan Uttpti, Stiti, dan Pralina atau dalam aksara suci disebut: Ang, Ung, Mang.

Pada hari raya Pagerwesi adalah hari yang paling baik mendekatkan Atman kepada Brahman sebagai guru sejati . Pengetahuan sejati itulah sesungguhnya merupakan “pager besi” untuk melindungi hidup kita di dunia ini.  Inti dari perayaan Pagerwesi itu adalah memuja Tuhan sebagai guru yang sejati. Memuja berarti menyerahkan diri, menghormati, memohon, memuji dan memusatkan diri. Ini berarti kita harus menyerahkan kebodohan kita pada Tuhan agar beliau sebagai guru sejati dapat mengisi kita dengan kesucian dan pengetahuan sejati.

Selamat merayakan Hari Raya Pagerwesi, Semoga kedamaian selalu hadir pada semua makhluk

 

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up