Jenjang Jabatan PNS di Purwakarta Akan Ditentukan oleh Pemahaman Pancasila
Politik

Jenjang Jabatan PNS di Purwakarta Akan Ditentukan oleh Pemahaman Pancasila

Pancasila sebagai dasar Negara saat ini dipandang tidak cukup hanya menjadi hafalan semata tapi harus dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari. Untuk mewujudkan hal itu Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan kenaikan jenjang jabatan akan ditentukan oleh pemahaman terhadap Pancasila.

Dedi Mulyadi, yang juga pendiri Institut Pancasila, mengatakan, selama ini Pancasila lebih dikenal dari aspek doktrin semata dan seolah terlepas dari akar kebudayaan bangsa Indonesia (Tempo.co, 12/1/2017)

“Mulai hari ini, Pancasila harus dipahami melalui pendekatan kebudayaan dan kearifan lokal,” ujar Dedi. Sebabnya, sebagai pengelola Institut Pancasila membutuhkan gagasan para pakar iuntuk merumuskan gagasan berpikir tentang arah dan nilai-nilai Pancasila dalam pengamalannya di Purwakarta yang kental dengan nilai kesundaan.

Dedi mengungkapkan, Institut Pancasila, ke depan akan menyasar seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta sampai tingkat Ketua RT/RW. Nantinya, mereka akan bertugas menyebarkan nilai-nilai Pancasila sebagai garda kebudayaan kepada anggota masyarakat di sekitarnya. “Khusus untuk pegawai, kenaikan jenjang jabatan mereka akan ditentukan pula oleh sertifikasi pemahaman nilai Pancasilanya,” kata dia, seperti dilansir Tempo.co (Kamis 12/1/2017).

Editor : Astika

Komentar Anda
Advertisement

Post Comment

Scroll Up