KENALI LEBIH JAUH KARAKTERISTIK GENERASI MILLENNIALS
Dunia muda

KENALI LEBIH JAUH KARAKTERISTIK GENERASI MILLENNIALS

Generasi Y (dalam bahasa Inggris sering disebut Young Generation alias Gen Y) akan tumbuh menjadi generasi muda yang sangat produktif dan realistis . Generasi ini sering pula disebut sebagai Generasi Millennials. Mereka dilahirkan pada kisaran tahun 1981 hingga 1994. Gen Y tumbuh sebagai masyarakat digital yang tidak gagap akan teknologi. Generasi Millennials tumbuh dengan produktifitas yang tinggi, sehingga tingkat sosial yang sempurna adalah tujuan dari generasi ini.

Generasi millennials di Indonesia merupakan aset masa depan bangsa Indonesia, diperkirakan pada tahun 2030,  sebesar 70% dari usia produktif negeri ini, mayoritas datang dari generasi millennials. Jika dilihat dari jumlah populasi penduduk negara-negara kawasan Asia tenggara, Indonesia menjadi kunci jumlah penduduk produktif terbanyak. Dari 10 negara anggota ASEAN diperkirakan jumlah penduduknya mencapai 625 juta dan 23% nya adalah generasi millennials dari Indonesia.

Nah seperti apa aja sih karakter dari Generasi Millennials tersebut?

1. Millennials Percaya Dengan Jurnalisme 2.0

Generasi ini lebih maju dalam menafsirkan berita yang sedang menjadi perbincangan di publik. Mereka akan mencari sumber berita dari dua arah untuk mencari kebenaran dari berita tersebut. Generasi Millennials lebih tertarik mencari fakta lain dari berbagai referensi berita ketimbang mempercayai dari satu sumber saja. Generasi ini sangat menyukai Jurnalisme 2.0, sumber berita tidak lagi hanya ada di media mainstream tetapi banyak sumber berita lain yang menjadi daya tarik generasi ini, yakni media sosial.

2. Lebih Percaya Review untuk Melakukan Transaksi

Dalam melakukan transaksi keuangan untuk pembelian busana, sepatu, gaget, hotel, dan tiket pesawat. Gen Y lebih memilih transaksi secara online dengan melihat review dari produk yang akan dibelanjakan. Sehingga produk yang mendapat review terbaik dari masyarakat umum akan menjadi nilai jual yang tinggi untuk generasi Millennials. Artinya, komunitas muda mudi Millennials tidak lagi percaya dengan ikla

3. Millennials Lebih Aktif di Media Sosial

Gen Y wajib memiliki akun media sosial, umumnya mereka lebih aktif berkomunikasi pada media sosial. Buat mereka bertatap muka tidak lagi menjadi pilihan utama. Cukup berkomunikasi di media sosial cara generasi ini menjalin silaturahmi.

4. Lebih Baik Beli Kuota Internet

Komunitas muda Millennials telah melakukan perubahan signifikan untuk mendapat informasi. Generasi ini hampir meninggal membeli dan mendapatkan informasi dari media cetak. Generasi ini lebih baik membeli kuota internet dan bebas berselancar mencari berbagai jenis informasi. Sehingga cara mendapat informasi telah bermigrasi dari cetak menuju era satu genggaman mendapatkan ribuan bacaan dari alat komunikasi.

5. Bukan Lagi Menonton Tv, Millennials Lebih Suka Cerita Yang Langsung Selesai

Generasi Millennials bukan penyuka sinetron dengan drama bersambung yang terkadang ceritanya tidak masuk akal. Gen Y lebih suka mencari video-video unik dan series tanpa harus menunggu cerita selanjutnya di hari mendatang. Waktu untuk menonton televisi hanya untuk mendapatkan program berita yang menurut generasi ini penting untuk diikuti.

6. Kurang Suka Membaca Secara Konvensional

Populasi orang yang suka membaca buku turun drastis pada generasi millennial. Bagi generasi ini, tulisan dinilai memusingkan dan membosankan. Generasi millennial bisa dibilang lebih menyukai melihat gambar, apalagi jika menarik dan berwarna.

Walaupun begitu, millennial yang hobi membaca buku masih tetap ada. Namun, mereka sudah tidak membeli buku di toko buku lagi. Mereka lebih memilih membaca buku online (e-book) sebagai salah satu solusi yang mempermudah generasi ini, untuk tidak perlu repot membawa buku. Sekarang ini, sudah banyak penerbit yang menyediakan format e-book untuk dijual, agar pembaca dapat membaca dalam ponsel pintarnya.

Editor  : I Gede Astika Guna Sanjaya

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up