Mengapa Pendidikan itu Penting? Berikut alasannya
Edukasi

Mengapa Pendidikan itu Penting? Berikut alasannya

Pendidikan adalah suatu proses yang sangat penting bagi manusia. Dengan pendidikan awalnya tidak tahu menjadi tahu, pendidikan juga memberikan kedewasaan diri bagi manusia. Jadi tidak heran penting untuk manusia menempuh pendidikan setinggi – tingginya.

Berikut ini pentingnya pendidikan dalam kehidupan manusia:

Memberikan pengetahuan dan memperluas wawasan

Salah satu dampak langsung dari pendidikan adalah memperoleh banyaknya pengetahuan sehingga wawasan kita menjadi luas. Pendidikan dapat membuat seseorang memahami sudut pandang yang berbeda dalam setiap sudut kehidupan. Pendidikan dapat diperoleh dari proses belajar dalam kehidupan kita, entah itu melalui pendidikan formal, non formal, maupun pengalaman hidup manusia masing-masing. Jika wawasan kita luas, maka kita bisa mempertahankan hidup dengan ilmu yang kita miliki.

Menjadikan manusia yang lebih baik dan berkarakter

Selain untuk menambah pengetahuan dan wawasan, pendidikan juga begitu penting untuk menciptakan manusia yang lebih baik dan berkarakter. Pada dasarnya pendidikan membuat kita berpikir dan mampu membedakan mana hal yang baik dan mana hal yang buruk untuk dilakukan. Maka tentulah dengan adanya pendidikan kita bisa belajar menjadi manusia yang lebih baik.

Pendidikan menunjang karir seseorang
Untuk menjadi seseorang yang ahli dalam suatu bidang, kita perlu mengalami yang dinamakan proses belajar, dalam proses belajar tentulah kita sedang mengemban pendidikan. Banyak orang yang memiliki cita-cita, karena dengan memiliki cita-cita, masa depan seseorang menjadi lebih terarah. Maka dari itu pendidikan berperan penting disini, dengan mengarahkan pendidikan pada bidang yang diminati oleh seseorang, maka pendidikan akan membantu orang tersebut dalam menggapai cita-citanya.

Membantu kemajuan suatu bangsa
Tidak dapat dipungkiri bahwa bangsa-bangsa yang ada di dunia ini secara tidak langsung mereka bersaing untuk mendapat julukan bangsa yang baik dan berkompeten. Pendidikan adalah salah satu sorotan dalam kehidupan berbangsa, kita bisa menilai bahwa negara itu maju, teknologinya sangat canggih, mereka dapat memperoleh julukan tersebut karena mereka memiliki pendidikan yang baik tentang teknologi.

Menciptakan kesadaran
Pendidikan yang baik tentulah dapat menciptakan sebuah kesadaran dalam hidup kita, karena dengan adanya pendidikan kita mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan pendidikan pula kita dapat mengetahui apa hak kita dan apa kewajiban kita sebagai manusia.

Dikutip dari: www.kesekolah.com

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up