Meski Tersangka, Polda Jabar Tidak Akan Menahan Rizieq Syihab
Peristiwa

Meski Tersangka, Polda Jabar Tidak Akan Menahan Rizieq Syihab

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, Polda Jabar tidak akan menahan Rizieq. Seperti diketahui Polda Jabar telah menetapkan Habib Rizieq Syihab sebagai tersangka kasus dugaan penodaan Pancasila dan pencemaran terhadap nama Sukarno.

Baca : Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab Resmi Tersangka Penistaan Simbol Negara

“Di sini tidak ada penahanan,” ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (30/1/2017) seperti dilansir detik.com.

Menurut Yusri, kasus menjerat Rizieq ini ancaman hukumannya di bawah lima tahun. Berbeda jika seorang tersangka dikenai pasal yang ancaman hukuman pidananya di atas lima tahun yang harus dilakukan penahanan.

“Karena Pasal 154 a ancamannya empat tahun, dan Pasal 320 ancamannya sembilan bulan. Masih di bawah lima tahun, jadi tidak ada penahanan,” tutur Yusri.

Rizieq disangkakan melanggar Pasal 154 a KUHP tentang penodaan terhadap lambang negara dengan ancaman empat tahun penjara dan Pasal 320 KUHP tentang pencemaran terhadap orang yang sudah meninggal ancamannya sembilan bulan.

Editor : Nopa Gunawan

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up