Olahraga Berjalan Mundur, Murah dan Bermanfaat! Ini Manfaatnya
Sport dan Kesehatan

Olahraga Berjalan Mundur, Murah dan Bermanfaat! Ini Manfaatnya

Olahraga tidak perlu biaya yang mahal di tempat gym, tapi cukup dengan melakukan hal sederhana dengan rutin dan konsisten. Salah satunya adalah dengan berlari atau berjalan kaki. Selain menyehatkan badan, kegiatan berjalan kaki juga rupanya dapat meningkatkan daya ingat.

Ada tipe olahraga yang mungkin aneh kedengarannya ataupun untuk dilakukan, yaitu berjalan mundur. Rupanya kegiatan ini mampu memaksimalkan manfaat yang didapat dari berjalan kaki.

Berjalan mundur ternyata bisa memberi pengaruh baik meningkatkan kesehatan jantung. Berjalan biasa sendiri sudah jadi aktivitas baik untuk jantung, namun ketika Anda mencoba berjalan mundur, bukan hanya jantung saja yang jauh dari penyakit, kesehatan tubuh secara keseluruhan juga ikut meningkat.

Fakta uniknya, rupanya kegiatan ini sudah sejak lama dilakukan oleh orang Tiongkok. Mereka melakukan hal tersebut sebagai pengobatan alternatif tradisional meredakan nyeri sendi, kram otot dan lutut yang pegal. Bahkan seorang peneliti kesehatan dari Jepang Junji Takano berkata bahwa jalan mundur bisa meningkatkan kesehatan paru-paru, otot, tubuh bagian atas dan bawah dengan baik.

Takano menjelaskan bahwa intuisi manusia akan bekerja lebih aktif aktif menjaga diri sendiri, berhati-hati melakukan sesuatu, menajamkan indera pendengaran sekaligus melatih kepercayaan diri sendiri. Kemudian ia mengatakan bahwa rupanya 100 langkah berjalan mundur sepadan dengan 1000 langkah berjalan maju dalam hal meningkatkan kesehatan.

Penjelasan lainnya, dengan berjalan mundur, Anda akan menggunakan otot kaki yang jarang digunakan saat berjalan maju.

Editor : Putu N.G.

Komentar Anda
Advertisement

Post Comment

Scroll Up