Pemuda asal Bima diamankan di Bandara Sultan Hasanuddin Karena Bercanda Membawa Bom
Peristiwa

Pemuda asal Bima diamankan di Bandara Sultan Hasanuddin Karena Bercanda Membawa Bom

Sulaiman (26) yang merupakan penumpang Wings Air dengan tujuan Makassar-Bima diamankan Petugas Bandara Sultan Hasanuddin pada Minggu (29/1/2017), sekitar pukul 14:50 Wita. Warga asal Bima NTB ini bercanda dengan menyebut ada bom saat berhadapan Pramugari Wings Air bernama Fitta Tritian di atas pesawat Wings IW-1869 tujuan UPG-BIMA.

Mengutip dari Tempo.co (29/1/2017), Kepala Kepolisian Resor Maros Ajun Komisaris Besar Polisi Erik Ferdinand menjelaskan bahwa pelaku tiba dari Merauke menggunakan pesawat Batik ID-6161 kemudian melanjutkan penerbangan ke Bima dengan menggunakan pesawat Wings IW-1869.

“Saat itu pelaku ditanya oleh pramugari, tentengannya itu berisi apa, pelaku dengan spontan menjawab bom,” kata Erik, Minggu, 29 Januari 2017.

Mendengar kabar tersebut, pramugari langsung memberitahu ke Pilot kemudian melaporkan ke Security Lion Air, untuk mengamankan pelaku lalu melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaannya.

“Atas perintah Pilot juga, seluruh penumpang dan barang bagasi diturunkan kemudian diperiksa ulang di SCP transit,” tutur dia.

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan kepada seluruh penumpang beserta barang bawaan ternyata dinyatakan aman dan tidak ada yang berbahaya. Sehingga seluruh penumpang kembali boarding melalui gate 4.

“Sementara pelaku kami amankan di Polsek Bandara untuk menunggu pemberangkatan Senin besok.”

Padahal, kata dia, barang yang dibawa Sulaiman tersebut ternyata berisi buku nuansa islam seperti Yayasan Al-Hisbah Bogor, Buku, petunjuk shalat, puasa, berhijab dan Taubat. “Karena ulah dia (Sulaiman) penerbangan mengalami penundaan,” kata Juru Bicara Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Komisaris Besar Dicky Sondani.

Editor : Nopa Gunawan

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up