Di Prancis, Facebook dan Google Kerjasama Melawan Berita Hoax
Teknologi

Di Prancis, Facebook dan Google Kerjasama Melawan Berita Hoax

Menjelang pemilihan Presiden di Prancis, Facebook dan Google mengadakan kerjasama dengan organisasi-organisasi berita untuk meluncurkan tool baru pemeriksa keaslian berita yang dirancang untuk mencabut berita-berita bohong atau Hoax.

Facebook menyatakan akan bekerja sama dengan delapan organisasi berita Prancis, termasuk kantor berita Agence France-Presse (AFP), saluran berita BFM TV, dan koran L’Express serta Le Monde, untuk meminimalkan risiko berita hoax yang muncul dalam platform mereka, demikian dilansir Antara (7/2/2017).

Facebook akan menggantungkan kepada peran pengguna dalam membenderai (flag) berita bohong atau hoax, pada jejaring sosial ini sehingga artikel-artikel berita bisa dicek ulang kebenarannya oleh organisasi-organisasi berita yang menjadi mitra Facebook.

Baca juga : Cara Mengetahui dan Melaporkan Hoax di Internet

Setiap berita yang dianggap bohong oleh dua dari mitra Facebook akan ditandai oleh sebuah ikon yang menunjukkan konten berita itu bermasalah, kata Facebook.

Facebook juga mendukung prakarsa terpisah yang diluncurkan Google lewat tool “CrossCheck” yang memberitahukan para pengguna mengirimkan tautan-tautan (link) untuk konten yang diragukan kebenarannya kepada situs-situs berita terpercaya sehingga konten itu bisa diinvestigasi.

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up