Standarisasi Desain Pasar Rakyat akan dipersiapkan oleh Pemerintah
Ekonomi dan Bisnis

Standarisasi Desain Pasar Rakyat akan dipersiapkan oleh Pemerintah

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) saat ini sedang menyiapkan standarisasi desain pasar rakyat agar setiap pasar yang dibangun dapat termanfaatkan secara optimal, karena memenuhi kebutuhan konsumen.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina saat mengunjungi Kota Palembang untuk memeriksa gudang Bulog sekaligus mengadakan diskusi dengan pengusaha ritel terkait isu adanya kenaikan harga sewa gerai di sejumlah mal

“Saat ini Kemendag menunjuk sebuah perusahaan nasional untuk mendesain pasar yang cocok untuk rakyat Indonesia, dengan demikian diharapkan tak ada lagi pasar yang dibangun dengan dana miliaran rupiah justru sepi atau tidak ada pedagang yang mau masuk,” kata Srie di Palembang, Seperti dilansir Antara (28/1).

Srie mengungkapkan desain pasar rakyat ini akan dibakukan dan bakal menjadi acuan setiap kabupaten/kota dalam membangun gedung pasar.

Pemerintah juga sedang mengodoknya mengenai klasifikasi pasar dari sisi bangunan, serta merencanakan membuat dasar-dasar tata kelola (manajemen) pasar. Bahkan pemerintah, menargetkan adanya lembaga pendidikan formal yang khusus mengeluarkan lulusan dengan kepandaian dalam pengelolaan pasar yang bersertifikat setidaknya setingkat pendidikan D1.

“Harapannya, rakyat mau beraktifitas di pasar. Saat ibunya berbelanja, anaknya bisa mengakses permainan anak-anak, jika ada kesinambungan seperti ini tentunya pasar akan ramai, omset pedagang meningkat, pendapatan asli daerah bertambah, dan masyarakat menjadi lebih sejahtera,” kata dia.

Editor : De Gus

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up