Tips Buat Kamu yang tidak Rileks hadapi Ujian
Edukasi

Tips Buat Kamu yang tidak Rileks hadapi Ujian

Sebagain besar murid atau pelajar tidak rileks hadapi ujian, bahkan banyak yang menganggap ujian mengerikan dan bikin stress. Padahal dengan ujian sebenarnya bisa bikin kamu tahu sejauh mana kemampuan dan hasil belajar kamu.

Nahh jika kamu salah satu siswa yang takut hadapi ujian, maka tips berikut bisa kamu jalani:

  1. Belajar jauh sebelum hari ujian
    Mungkin kamu sering melakukannya, karena waktu ujian yang masih lama kamu cenderung malas belajar dan selalu mengatakan nanti, nanti, dan nanti. Ketika ujian sudah tinggal sehari baru kamu keluarkan jurus sistem kebut semalam. Ini tidak bagus! Lebih baik kamu belajar sedikit demi sedikit tiap harinya. Itu membantu kamu memahami materi lebih baik.

    2. Bermeditasi tiap hari
    Sempatkan dirimu bermeditasi sejenak setiap harinya. Sederhana, cukup tutup matamu, tarik nafas panjang, dan jernihkan pikiranmu. Ketika kamu lelah seharian belajar di sekolah, meditasi sejenak membantu kamu menjernihkan pikiranmu kembali. Saat bermeditasi mungkin ada saja yang mungkin muncul di pikiran, itu tidak apa-apa. Ini adalah latihan untuk kamu agar bisa fokus dan berkonsentrasi. Coba abaikan segala macam pikiran atau ide yang muncul di otakmu ketika kamu bermeditasi.

    3. Belajar dengan teman
    Ajak teman yang bisa jadi rekan belajarmu. Jangan malah menghabiskan waktu belajar kelompokmu untuk ngobrol sana-sini. Fokuslah pada materi pembelajaran. Ini akan menjauhkan kamu dari kebosanan belajar sendiri hanya dengan buku-buku pelajaran. Kamu bisa mengadakan kuis kecil-kecilan dengan saling tanya jawab. Ini akan membantu kalian lebih memahami materi pelajaran.

    4. Bicara pada gurumu
    Jika kamu sudah terlalu stres dengan persiapan menjelang ujian, pergi menemui guru bisa jadi pilihan yang bagus. Guru mendesain soal-soal ujian yang menantang, tapi mereka ingin kamu untuk bisa mengerjakannya dengan baik. Karena itulah, mereka gemar memberikan kamu tips (atau kisi-kisi) tentang apa yang penting untuk dipelajari dan mana yang tidak terlalu penting. (CNN Indonesia)

Komentar Anda
Advertisement
Scroll Up