Umat Hindu Tolotang Sidrap Gelar Tudang Sipulung, Ketua PHDI Pusat Jadi Tamu Kehormatan
Budaya Peristiwa

Umat Hindu Tolotang Sidrap Gelar Tudang Sipulung, Ketua PHDI Pusat Jadi Tamu Kehormatan

Umat Hindu Towani Tolotang di Sidrap melakukan ritual tahunan yaitu tudang Sipulung pada hari ini (Rabu, 11/1/2017). Acara tahunan kali ini sangat istimewa karena dihadiri langsung oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayjen TNI Purn Wisnu Bawa Tanaya yang juga menjadi tamu kehormatan dalam acara ini.

Bapak Mayjen TNI Purn Wisnu Bawa Tanaya yang didampingi oleh Sekum PHDI Pusat Bapak Ketut Parwata, Pengurus PHDI Provinsi Sulawesi Selatan, dan lembaga – lembaga Hindu tampak mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan II Parinyameng, Kelurahan Baula, Kecamatan Tellu Limpoe, Sidrap.

Mengutip dari Fajaronline.com (11/1), Penanggung jawab kegiatan, Edi Slamet menjelaskan, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan umat Hindu Towani Tolotang yaitu sekali dalam setahun. Acara tudang sipulung dan ziarah yang juga dirangkaikan dengan atraksi “massempe” itu, merupakan warisan budaya umat Hindu Towani Tolotang yang hingga kini terus dilestarikan anak cucu umat Hindu Towani Tolotang se-Indonesia.

“Kami atas nama keluarga besar umat Hindu Towani Tolotang mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak tanpa terkecuali. Semoga silaturahmi ini senantiasa terjalin,” ujar Edi.

Kegiatan Tudang Sipulung Sidrap (Rabu, 11/1/2017)
Kegiatan Tudang Sipulung Sidrap (Rabu, 11/1/2017) – Foto : PHDI Sulsel

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ritual tahunan umat Hindu Towani Tolotang di Sidrap itu turut diikuti pimpinan daerah serta unsur Muspida. Wakil Bupati Sidrap, Dollah Mando datang mewakili Pemkab Sidrap. Juga tampak hadir Kapolres Sidrap, AKBP Anggi Naulifar Siregar, dan jajarannya.

Hadir pula Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf Eko Paskah Harisuci dan jajarannya, Ketua DPRD Sidrap, Zulkifli Zain, Kepala Kejaksaan Negeri Sidrap, Jasmin Simanullang, Ketua Pengadilan Negeri Sidrap, Bintang Ali, serta Kepala Kantor Departemen Agama Sidrap, Kaharuddin Aras, seperti dilansir Fajaronline.com (11/1).

Perlu diketahui, Tudang sipulung adalah ritual tahunan seluruh warga Hindu Tolotang. Di mana pun mereka berada, pada saat acara ini diadakan mereka berusaha untuk datang. Seluruh warga merasa punya beban dan kewajiban untuk datang dalam acara ini. Banyak di antara mereka yang datang dari luar Kabupaten Sidrap, bahkan dari luar Sulawesi Selatan, karena memang warga ini banyak yang telah sukses dalam perantauan.

Editor : Nopa Gunawan

Komentar Anda
Advertisement

Post Comment

Scroll Up